Senin, 10 Februari 2014

Alat Sederhana Pengukur Kesuburan Tanah



Kesuburan tanah merupakan kunci utama keberhasilan suatu usaha tani. Bagaimanapun sempurnanya suatu proses usaha tani akan tetapi jika tidak didukung dengan kesuburan tanah yang  memadahi pasti tidak akan membawa hasil yang maksimal. Sebagai contoh kasus yang umum terjadi pada petani Indonesia, para petani sering memberikan pupuk kimia yang berlebihan pada lahannya akan tetapi produksinya belum seperti yang diharapkan. Permasalahan pada kasus diatas adalah karena tingkat kesuburan tanah yang rendah sehingga berapapun pupuk yang diberikan tidak akan bisa terserap oleh tanaman.
Untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah tidaklah mudah, tidak bisa hanya diraba dan ditrawang. Akan tetapi harus dilakukan uji kesuburan tanah di laboratorium dengan biaya yang tidak murah dan tidak semua petani punya akses untuk melakukan uji kesuburan tanah tersebut.
Oleh karena itu tersedia alat sederhana pengukur kesuburan tanah yang bisa digunakan oleh para petani Indonesia, sehingga memudahkan untuk mendeteksi kesuburan tanah mereka masing-masing setiap saat. Alat tersebut sangat simple karena mudah digunakan dan mudah dibawa.

Cara menggunakan alat pengukur kesuburan tanah :

  1. Ambil segenggam tanah yang akan kita uji. Masukkan kedalam gelas dan tambahkan air murni/ air mineral sampai macak-macak. Aduk-aduk sampai merata (homogen)
  2. Ambil alat penguji kesuburan tanah pasang lampu bohlam 100 watt (bukan lampu TL), dan masukkan jack ke stop kontak.
  3. Tancapkan ujung alat penguji kesuburan tanah ke dalam gelas yang berisi tanah yang akan kita uji tersebut.
  4. Semakin terang nyala lampu tersebut berarti semakin subur tanah kita.
  5. Jika nyala lampu redup atau bahkan tidak menyala sama sekali kita harus menambahkan pupuk organik ke lahan kita agar kesuburannya bisa kembali.


Hati-hati ketika jack menancap pada stop kontak!! Jangan memegang besi ujung alat pengukur kesuburan tanah atau yang terhubung olehnya. Contoh: Jangan menyentuh tanah dan air beserta pengaduknya ketika sedang diukur kesuburannya (ketika ujung alat masih menancap di tanah tersebut).

Kesuburan tanah sangat erat kaitannya dengan kandungan bahan organik tanah. Semakin banyak bahan organik yang terkandung dalam tanah, maka akan semakin subur tanah tersebut. Sehingga jika terjadi permasalahan kesuburan pada tanah kita solusinya tentu dengan menggunakan pupuk organik.

Berikut hasil uji coba alat yang sudah saya buat. Namun disini saya melakukan uji coba terhadap MOL (Mikro Organisme Lokal) yang sudah saya buat dengan bahan dasar buah Mengkudu. Pembanding lainnya dalam uji cona ini adalah menggunakan air tanpa campuran apa-apa.

Mengambil MOL dan air kemudian dimasukkan masing-masing ke dalam gelas yang berbeda.

Lalu kami melakukan tes uji coba terhadap kedua bahan tersebut. Ketika melakukan uji coba pada air biasa, ternyata menyala kurang terang / agak redup

Ketika diuji coba pada MOL, ternyata bohlam menyala dengan sangat terang.


Saya telah mencoba merangkai alat sederhana pengukur kesuburan tanah tersebut dengan sangat praktis, rapih, aman karena rangkaian listrik tertutup oleh plastik paralon yang berkualitas semua (tidak ada rangkaian yang bocor), ringan dan simple (mudah dimasukkan dalam tas dan dibawa kemana-mana). Selain itu alat tersebut juga dirangkai dan di design sangat kokoh sehingga akan tahan goncangan dan sangat awet digunakan bertahun-tahun. Spesifikasi alat tersebut : Panjang 30 cm, Lebar 20 cm dan berat 400 gr. (Model dan ukuran bisa dimodifikasi sesuai selera). Sehingga sangat pas digunakan para kelompok tani, penyuluh atau para praktisi pertanian yang lain.

Literatur : Gerbang Pertanian
 



 

14 komentar:

Unknown mengatakan...

Sangat bagus sekali alatnta, apakah sumber listriknya bisa diganti? misal: menggunakan Baterai?

Aldy Forester mengatakan...

@Nurul Fuadi: Sebenarnya bisa aja dimodifikasi memakai baterai, mungkin lebih cocoknya adalah baterai yg bisa dicharge. Alat ini masih sederhana, mungkin saja akan ada temuan baru sebagai lanjutan dari alat ini.
Silahkan baca dan download artikel yg saya buat terkait alat ini disini :
http://www.slideshare.net/aldyforester1/alat-sederhana-pengukur-kesuburan-tanah.
Makasih udah berkunjung. :)

Unknown mengatakan...

Thank's informasinya bro...

Aldy Forester mengatakan...

@Aimal : Makasih dah berkunjung :)

Unknown mengatakan...

banyaknya artikel yang ada disini memiliki kualitas content yang bermanfat bagi saya, tak heran bila blog pertanian ini ramai pengunjung? salam sukses

Unknown mengatakan...

apakah alat tersebut dijual pak? kalau ia sms kesaya ya pak 0852.334.63940 saya pesan 1 buah, tks

Aldy Forester mengatakan...

@Bayram: iya, kebetulan jika ada yg pesan, saya bersedia membuatkan dan akan dikirimkan ke alamat pemesan. Harga per unit adalah 80rb blm trmasuk ongkir.
Makasih

Unknown mengatakan...

Bisa pesan pak alatnya? Ada nomer hp yg bisa dihubungi?

Aldy Forester mengatakan...

@Sulton, Alatnya bisa dipesan, harga per unit 85.000 belum termasuk ongkos kirim. Silahkan hubungi 085232520052. Mksh

Unknown mengatakan...

mohon dijelaskan cara atau langkah pada proses perakitan alatnya

Unknown mengatakan...

apakah bisa dijelaskan lebih rinci akan proses penger
jaan saat alat tersebut dirakit langkah demi langkah pembuatannya?

Unknown mengatakan...

apakah bisa dijelaskan lebih rinci akan proses penger
jaan saat alat tersebut dirakit langkah demi langkah pembuatannya?

hasinta ovi yana mengatakan...

assalamulaikum kak bang saya mau nanya alat seerhana ini pencetus pertama kali siapa ya?dan ada jurnal khususnya gak?

Anonim mengatakan...

Saya akan merekomendasikan siapa pun yang mencari pinjaman Bisnis ke Le_Meridian, mereka membantu saya dengan pinjaman Empat Juta USD untuk memulai bisnis Quilting saya dan itu cepat. Ketika mendapatkan pinjaman dari mereka, mengejutkan betapa mudahnya mereka bekerja. Mereka dapat membiayai hingga jumlah $ 500.000.000.000 (Lima Ratus Juta Dolar) di wilayah mana pun di dunia selama ada 1,9% ROI yang dapat dijamin pada proyek tersebut. Prosesnya cepat dan aman. Itu benar-benar pengalaman positif. Hindari penipu di sini dan hubungi Layanan Pendanaan Le_Meridian Di. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. jika Anda mencari pinjaman bisnis.

Posting Komentar